Welcome

Apa Yang Dimaksud Dengan Buffer...???

Kamis, 15 September 2011

Pada dunia komputer, Anda mungkin pernah mendengar istilah buffer. Computer buffer merupakan sebuah area memory yang digunakan untuk penyimpanan data sementara ketika program atau perangkat hardware membutuhkan arus (uninterrupted flow) informasi.
Buffer biasanya dibuat pada RAM (Random Access Memory), tidak pada hard disk. Hal ini disebabkan oleh proses pengambilan (fetching) data dari RAM jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengambil data dari teknologi platter yang digunakan pada hard disk konvensional. Selain pada RAM komputer, beberapa komponen hardware hadir dengan RAM on-board nya sendiri datau buffer, semisal printer.
Printer didesain untuk pekerjaan-pekerjaan ringan yang umumnya memiliki buffer yang kecil. Ketika pengguna menekan tombol untuk mencetak dokumen (print job), komputer mengirimkan data pada RAM printer atau buffer, membebaskan RAM komputer untuk menangani aktivitas lainnya. Hal ini memungkinkan pekerjaan printing bekerja di belakang layar, atau dikenal dengan spooling. Buffer pada printer melakukan pekerjaannya secara bertahap, yang pertama kali masuk maka akan diprioritaskan (first in first out / FIFO).
Salah satu contoh lain dari penggunaan buffer adalah melakukan streaming online konten multimedia. Tanpa menggunakan buffer, seseorang yang melakukan streaming video (misalnya) perlu menunggu video dimuat sampai selesai sebelum dapat menontonnya (mirip dengan proses download).

Semoga bermanfaat.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar